Header Ads

Cara merawat android supaya awet

     Hallo yay.. Balik lagi di catatankiyay Kali ini saya akan membahas seputar android yay. Hampir semua orang di Indoneisa pasti memiliki handphone, terutama android. Dan kebanyakan orang yang memiliki hp android hanya asik memainkannya saja, tanpa memperdulikan kesehatan hp nya, agar bisa awet dan tahan lama yay. Terutama buat orang-orang yang memiliki hp produk dari China. Produk hp dari China memang beda kualitas dengan produk lainnya, seperti Samsung, Vivo, Oppo, atau merek hp lainnya yang bukan produk China. Tapi Tidak semua produk China itu kualitasnya rendah yay. Hp buatan China sekarang sudah canggih-canggih, dan dapat bersaing dengan hp sekelas Samsung dan teman-temannya yay.

     Maka dari itu, kita harus menjaga hp kita agar tetap sehat. Berikut ini akan kami bkasih beberapa tips cara merawat android agar tahan lama atau awet yay.


1. Jangan mencabut charger jika belum full


   

  Pasti banyak di antara kalian yang suka mencabut casan saat belum terisi penuh, dengan alasan terburu-buru atau lainnya. Sebenarnya itu salah yay. mencabut casan ketika belum penuh pasti akan membuat baterai hp kalian akan cepat habis. karena belum penuhnya baterai yang diisi.
     Jadi buat kalian yang suka ada acara di luar, sebaiknya atur waktu kalian untuk mengecas hp kalian yay. Agar saat kalian akan pergi, baterai hp kalian sudah terisi full


2. Segera cabut charger ketika sudah full

  
   Banyak orang yang suka nge cas hp saat mau tidur, dan akan mencabutnya esok hari saat sudah bangun, karena baterai sudah pasti penuh, karena menurut mereka itu membuat usia baterai lebih tahan lama. Tapi itu cara yang salah yay. Membiarkan hp yang sedang di cas walau sudah penuh malah akan membuat baterai cepat habis, karena sumber daya yang terus mengisi. Ibaratnya kalian menaruh ember di bawah air terjun dan ingin mengisi supaya penuh, tetapi saat penuh kalian biakan saja, ketika kalian ambil pasti ember tidak terisipenuh, karena air deras yang terus masuk ke dalam ember. ya kira-kira gitu lah yay hehehe.. :D
     Jadi sebaiknya kalian ketahui berapa jam hp kalian biasanya penuh. Misalkan baterai penuh diisi 2 jam, yaa kalian harus sering-sering liat ketika hp kalian sudah di cas 2 jam, agar tidak terlalu lama mengisi daya dengan baterai yang sudah 100%


3. Jangan memainkan hp ketika sedang dicas





     Ini adalah kebiasaan buruk yang sangat sering dilakukan orang ketika sedang mengecas hp. Memainkan hp saat sedang dicas akan membuat hp kalian suka nge lag dan membuat pengecasan menjadi lebih  lama, karena baterai yang sedang diisi daya seketika itu dikeluarkan kembali dayanya karena hp yang terus kalian operasikan. Apalagi buat kalian yang suka main game walau hp sedang dicas, mulai sekarang sebaiknya kalian tinggalkan kebiasaan buruk itu jika kalian ingin usia hp kalian tahan lama dan awet.

     Dalam beberapa kasus, memainkan hp saat dicas sama sekali tidak membuat penuh baterai, bahkan bisa membuat baterai malah berkurang


4. Jangana men charger hp di lapto/PC





     Mungkin saat kalian sedang bermain di laptop atau PC suka mencolokkan USB ke hp kalian, karena bisa untuk mengecas hp. Sebenarnya laptop memang dapat mengisi daya hp karena memiliki aliran listrik juga. Namun aliran listrik yang lemah justru bisa membuat baterai hp kalian menjadi boros. Dampak lainnya adalah baterai laptop juga bisa rusak karena sering untuk mengisi daya hp.
     
     Untuk kalian yang ingin memindahkan file/poto/video atau lainnya dari hp ke laptop atau sebaliknya, sebaiknya jika kalian sudah selesai melakukannya segera cabut kabel usb nya, dan jangan lama-lama kabel tercolok dari laptop ke hp, jika kalian ingin hp kalian tahan lama.


5. Jaga suhu ponsel agar tetap dingin





     Terlalu sering main hp akan membuat hp menjadi panas, dan biasanya baterai akan cepat habis dan membuat ponsel menjadi ngelag. Maka dari itu kita harus selalu menjaga suhu ponsel kita agar tetap dingin, dengan cara ketika kita sedang memainkan hp dan sudah mulai terasa panas, segera berhenti dulu dan taruh hp kalian di lantai, atau apapun yang dingin.
    Cara berikutnya adalah, jangan terlalu banyak aplikasi, karena aplikasi yang terlalu banyak, akan membuat proses apliaksi latar belakang semakin banyak dan membuat ponsel menjadi cepat panas.


6. Rajin-rajin membersihkan sampah atau file-file yang tidak penting




     Dalam kasus ini, banyak orang yang menggunakan aplikasi pembersih sampah, karena menurut mereka itu berguna. Namun menurut saya sendiri, memasang aplikasi itu di ponsel justru membuat hp menjadi tidak nyaman dipakai. Maka dari itu saya sering membersihkan sampah atau file yang nggak berguna dengan cara manual, yaitu dengan cara klik file manager> android> data. Nah biasanya saya sering menemukan file-file yang muncul ketika saya habis menoton video di instagram, facebook, atau apa saja yang habis kita lakukan di aplikasi-aplikasi tertentu. Bahkan saya pernah menemukan file sampah hampir 1GB. Woow.. sangat memakan memori bukan?


7. Jaga ponsel agar tidak terbentur




     Pasti kalian kesel saat sedang memegan hp, tiba-tiba hp kalian jatuh. Biasanya kalian akan langsung mengecek, apakah ada yang rusak atau tidak.
Yaa.. ketika ponsel kalian jatuh ke lantai atau terbentur, itu akan berpengaruh terhadap mesin yang ada di dalam hp kalian, apalagi kalau sampai layar hp nya retak. Walaupun banyak hp yang layarnya retak tetapi tetap bisa di sentuh dengan baik, tapi pasti kalian tidak nyaman dengan keretakkan yang ada di hp kalian. Maka dari itu sebaiknya kita harus selalu berhati-hati ketika sedang memainkan atau sedang membawa hp. Jaga selalu hp anda dalam genggaman, atau letakkan di tas supaya lebih aman.


     Cukup itu aja artikel kali ini yay. Semoga bermanfaat untuk kalian dalam menjaga hp kalian, agar tetap awet dan bisa tahan lama. Jangan lupa baca artikel lainnya di catatankiyay

..Jangan lupa share artikel ini jika kalian suka yay..



 

3 comments

Jamur Merang said...

Makasih banyak, bermanfaat...

Developer Cupuh said...

nice info gan

Ida Parida said...

kalo untuk aplikasi nya yg bagus agar hemat baterai apa ya

catatankiyay. Powered by Blogger.